Sesepuh Adar Batui Pecah, Proses Pengantaran Tumpe Terjadi Dua Kubu

Telur dari rumah adat Batui diantar ke Banggai.FOTO: AHMAD LABINO

BANGGAI RAYA-Prosesi ritual adat pengantaran Telur Burung Maleo atau yang disebut Tumpe oleh masyarakat Adat Batui tidak seperti tahun sebelumnya.

Jika tahun sebelumnya proses pengantaran Tumpe dimulai dari dari rumah adat Batui menuju ke perahu yang siap mengantarkan Tumpe ke Karaton Banggai, Kabupaten Banggai Laut. Namun di Tahun 2018 pada Minggu (2/12/2018), upacara pelepasan Tumpe dilakukan di dua tempat berbeda, akibat terjadi perpecahan sesepuh adat dan perangkat adat Batui, mulai dari Bosanyo, Lembaga Adat, Binsilo, Dakanyo sampai ke pemangku adat.

Telur dari rumah kediaman Bosanyo diantar ke Banggai.FOTO : AHMAD LABINO

Di kubu satu, Dakanyo Batui, Binsilo Balantang, Binsilo Katudunan bersama perangkat adatnya melakukan upacara pelapasan Tumpe dari rumah adat Batui, menuju perahu pengangkut yang berada di Kelurahan Bugis, Kecamatan Batui.

Sedangkan di kubu lainnya, Dakanyo Tolando dan Dakanyo Kolam bersama Bosanyo Batui dan Bosanyo Langkoyang, melakukan upacara sendiri. Upacara pelepasan Tumpe bertempat di rumah kediaman Bosanyo Batui, Talib Agama di Kelurahan Balantang, Kecamatan Batui.   
Belum diketahui terjadinya perpecahan antara sesepuh adat di Batui, hanya saja prosesi pengantaran telur Tumpe tersebut terjadi dua kubu. Keduanya dengan menggunakan masing-masing perahu membawa telur ke Karaton Banggai, Kecamatan Banggai, Kabupaten Banggai Laut.
Amatan wartawan ini, upcara pelepasan telur Maleo di rumah adat Batui dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata, Camat Batui, Faisal Karim, Musdar Amin. Sedangkan upacara pelepasan Tumpe yang dilaksanakan di rumah Kediaman Bosanyo Batui, dihadiri oleh Kapolsek Batui Iptu Candra dan Danramil Batui Kapten Inf Herman B.

Proses pengantaran Tumpe dari rumah Bosanyo dimulai sejak pukul 13.00 Wita, menuju kelurahan Tolando untuk diangkut ke perahu.

Sedangkan pengantaran Tumpe dari rumah adat Batui menuju Kelurahan Bugis dilakukan sekitar pukul 15.30 Wita untuk diangkut ke perahu. MAD

Share
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami melalui halaman kontak

LATEST ARTICLES